--> Skip to main content

Kekurangan dan Kelebihan Windows 10

Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Sistem operasi Microsoft ini selalu menghadirkan pembaruan versi terbaru untuk memuaskan penggunanya. Sistem operasi terbaru adalah Windows 10. Namun, masih banyak yang ragu untuk menginstal sistem operasi ini. Mengapa?

Banyak orang enggan untuk mengupgrade Windows 7 atau 8 ke Windows 10 karena berbagai alasan. Salah satunya mempertanyakan secara terbuka mengapa Microsoft segera meluncurkan Windows 10 bukan Windows 9? Microsoft mengatakan bahwa Windows 10 adalah platform komprehensif yang kurang cocok jika disebut Windows 9.

Kekurangan  dan Kelebihan Windows 10


Kegagalan Windows 8 juga merupakan salah satu penyebabnya, di mana Windows 8 dianggap lebih berat dan lebih rumit daripada Windows 7. Selain itu, tidak semua aplikasi dan game juga akan langsung kompatibel dengan sistem operasi terbaru ini.

Nah, bagi Anda yang berencana melakukan upgrade ke Windows 10, tetapi masih belum yakin, kali ini Carisinyal akan mengulas berbagai kelebihan dan kekurangan Windows 10. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menginstal atau tidak.

Kelebihan  yang Dimiliki oleh OS Windows 10 :

Anda harus mempertimbangkan dengan seksama sebelum memutakhirkan Windows. Perhatikan kelebihan dan kekurangan Windows 10 itu sendiri. Apakah penting Anda harus memutakhirkan atau bahkan lebih baik di versi Windows yang lama? Sedangkan keunggulan Windows 10 adalah sebagai berikut:

1. Windows 10 dikelola sepenuhnya oleh Microsoft

Keuntungan pertama sebagai pertimbangan Anda sebelum memutakhirkan Windows 10 adalah bahwa Windows 10 dikelola sepenuhnya oleh Microsoft. Ini, tentu saja, Microsoft akan memperlakukan secara berbeda dibandingkan dengan versi Windows yang lebih lama. Sebagai sistem operasi Microsoft terbaru yang telah membawa perubahan konsep ke Windows sebagai Layanan. Microsoft telah menghabiskan banyak energi dan waktu dalam mengembangkan Windows 10.

Sebagai bukti bahwa Windows 10 telah menerima dukungan penuh dari Microsoft maka pengembangan Windows 10 akan terasa sangat cepat dari waktu ke waktu. Windows 10 terus dikembangkan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan perubahan yang ada saat ini.

2. Fitur Windows 10 dapat dikatakan lebih modern

Fitur-fitur Windows 10 tentu lebih modern daripada versi Windows yang lebih lama. Sebagai sistem operasi modern, fitur Windows 10 sangat mutakhir. Fitur Windows 10 disesuaikan dengan tren saat ini. Buktinya adalah bahwa Windows 10 disinkronkan dengan cloud melalui OneDrive. Pengaturan Windows 10 terus disinkronkan antara perangkat. Mayoritas fitur Windows 10 selalu mengusung konsep selalu sinkron sehingga sangat mudah bagi pengguna untuk mengakses era cloud dan internet seperti saat ini.

3. Windows 10 sangat kuat untuk mereka yang suka bermain game

Apakah Anda seorang gamer? Jika sistem operasi yang Anda gunakan saat ini adalah versi Windows yang lebih lama, disarankan untuk memutakhirkan ke Windows 10. Karena Windows 10 dirancang khusus untuk pengguna yang gila, mereka akan memainkan permainan. Sistem operasi terbaik saat ini untuk gamer adalah Windows 10.

Windows 10 dilengkapi dengan DirectX 12 yang kuat dan dioptimalkan untuk perangkat keras saat ini. Selain itu Windows 10 juga dilengkapi dengan pengaturan Mode Game yang fungsinya dapat meningkatkan kinerja saat Anda bermain game.

4. Windows 10 lebih aman

Keunggulan lain dari Windows 10 dibandingkan dengan versi lama adalah sektor keamanan. Sistem keamanan Windows 10 tidak diragukan lagi. Banyak fitur keamanan yang ditemukan pada Windows 10 tentu tidak ditemukan di versi Windows yang lebih lama. Contoh kecil adalah Windows 10 memiliki fitur Windows Hello yang memungkinkan pengguna untuk mengunci Windows 10 dengan pemindai sidik jari atau retina. Hebatnya, Windows 10 dapat membuka kunci menggunakan sidik jari ponsel cerdas Samsung.

Sistem keamanan lain yang tidak kalah hebatnya adalah Windows Defender. Dengan Windows Defender, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang virus dan malware. Dengan begitu Anda tidak perlu menginstal Anti Virus lain. Penampilan Windows Defender sangat mirip dengan Microsoft Security Essentials dan ini memang aplikasi pengembangan dari MSE.

Bahkan rencananya Microsoft akan menambahkan sistem keamanan pada Windows 10, yang merupakan fitur perlindungan folder. Fitur ini akan membuat data penting Anda kebal dari serangan ransomware.

5. Windows 10 memiliki dukungan Layar Sentuh maksimum

Sebenarnya fitur layar sentuh ini tidak hanya tersedia di Windows 10, fitur ini sudah mulai diterapkan oleh Microsoft di era Windows 8. Tetapi fitur layar sentuh di Windows 10 memiliki dukungan lebih dari Microsoft daripada Windows 8. Fitur layar sentuh di Windows 10 mendukung lebih banyak perangkat. layar sentuh terbaru adalah tablet, laptop atau hybrid.

Windows 10 sudah dioptimalkan untuk layar sentuh. Dengan begitu jika Anda memiliki perangkat layar sentuh, Windows 10 adalah sistem operasi terbaik yang dapat Anda gunakan saat ini.

Apakah Windows 10 memiliki kekurangan? Tentu saja ada. Di balik kelebihan yang saya jelaskan di atas, ternyata juga ada kekurangan Windows 10.

Kekurangannya Windows 10 :

Setelah sebelumnya membahas kelebihan sistem operasi Windows 10, maka mari kita lihat kekurangan dari sistem operasi ini, berikut ulasannya:

1. Browser default yang sulit diganti

Seperti dijelaskan sebelumnya, pada Windows 10 browser web default bernama microsoft edge terpasang dan masalahnya adalah bahwa pengguna akan kesulitan untuk mengganti browser web dengan yang lain karena Microsoft sendiri telah melindungi sistem operasi sehingga jika pengguna tidak hati-hati maka dapat menyebabkan 'crash' pada sistem operasi.

2. Penyimpanan data besar

Untuk pengguna yang sebelumnya menggunakan sistem operasi generasi sebelumnya, mereka dapat mengunduh sistem operasi terbaru secara gratis, tetapi tetap saja pengguna harus mendapatkan dukungan sinyal koneksi data internet yang kuat karena jumlah data yang harus dikeluarkan untuk mengunggah OS ini mencapai 3 GB dan dapat tidak dihentikan sementara sehingga jika ada kegagalan jaringan pengguna harus bersabar untuk mengulangi unduhan dari awal.

3. Tidak semua perangkat kompatibel

Sebelum meningkatkan sistem operasi sebelumnya dengan Windows 10, lebih baik bagi pengguna untuk melihat spesifikasi minimum yang diperlukan untuk menjalankan sistem operasi dengan lancar seperti yang dinyatakan pada halaman web resmi Microsoft.

Nah, itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari windows 10 , semoga dengan informasi di atas bermanfaat bagi anda sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar