--> Skip to main content

Cara Mengatasi RAM Smarphone Android Yang Penuh

Cara Mengatasi RAM Smarphone Android Yang Penuh-Smartphone Android merupakan terobosan sekaligus informasi di bidang kemajuan teknologi, terutama di bidang perangkat seluler. Android sangat populer di kalangan pengguna karena memiliki fitur menarik, kita bisa menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android yang mudah digunakan.

Selain itu, smartphone Android memiliki aplikasi dan game yang dapat Anda unduh langsung di Google Play Store atau melalui situs web lain, seperti berbagai fitur yang ditawarkan yang jelas merupakan fitur yang sangat menarik untuk dicoba. Android itu sendiri memiliki versi yang berbeda dan, serta sistem operasi Windows, Anda dapat meningkatkan ke versi terbaru. Untuk Android, versi terbaru 2016 menggunakan sistem operasi Android Nougat yang tentunya lebih stabil daripada di versi sebelumnya.

Ponsel Androd cenderung lebih murah daripada smartphone jenis lain, mungkin karena smartphone dengan OS Android memiliki lebih banyak produk dan banyak merek yang membuat smartphone Android ini. Dibandingkan dengan jenis ponsel pintar lainnya, menurut saya Android lebih baik dan lebih lengkap. Ponsel pintar Android memiliki lebih banyak aplikasi dan game yang dapat Anda jalankan di ponsel Android Anda nanti, ini karena Android adalah proyek perusahaan Internet terbesar, Google INC.

Faktor lain mengapa android dapat banyak digunakan karena banyaknya Pengembang Aplikasi Android yang selalu membuat aplikasi android, tentu saja karena tumbuhnya jaringan internet yang kini mayoritas telah diakses melalui ponsel termasuk smartphone android.

Tidak jauh berbeda dengan komputer, ketika Anda menjalankan smartphone Android Anda pasti akan membutuhkan RAM yang dapat melakukan aktivitas di ponsel Android Anda, RAM itu sendiri memiliki fungsi yang dapat mempengaruhi kinerja smartphone Android Anda.



Namun sayangnya terkadang kita menemukan masalah yang akan dihadapi setiap saat, biasanya masalah internal yang sering menyerang perangkat keras adalah ram yang terlalu penuh, penyebab masalah ini adalah karena RAM dilewati begitu kecilnya kapasitas sehingga Anda akan mengalami LAGG ketika Anda beroperasi smartphone Android Anda. Ataut juga Anda melakukan aktivitas di ponsel cerdas Anda, misalnya saat Anda melakukan multitasking, yang tentu saja aktivitas ini benar-benar akan menguras banyak ruang ram untuk digunakan.

Mempertimbangkan jika Anda memiliki memori yang tidak berukuran besar, alias yang kecil yang sebenarnya tidak dapat menginstal dan menjalankan banyak aplikasi berkapasitas besar, contoh instagram yang cukup untuk menguras daya baterai dan ram adalah perangkat lunak instagram, facebook dan lainnya.


Jika Anda memiliki kapasitas RAM yang besar pada smartphone Android yang Anda miliki, ini pasti akan memiliki kinerja yang lebih baik di perangkat Anda. Tetapi jika penyimpanan data di smartphone Anda terasa sangat biasa-biasa saja, nah ini juga akan mempengaruhi kecepatan mengelola ponsel, semakin kecil kapasitas ram itu akan memperlambat atau memperlambat kinerja android Anda.

Selain itu akan berakibat fatal, ponsel Anda tidak dapat menginstal aplikasi yang diinginkan karena penuh dengan memori, sementara saya akan berbagi cara meningkatkan kapasitas ram tetapi tidak menghapus aplikasi dan file yang ada di smartphone Android.

Cara Mengatasi RAM Android Yang Penuh :


Ada beberapa alasan ram penuh pada smartphone Android, tetapi titik penuh kapasitas RAM adalah jumlah data yang masuk ke ram itu sendiri, oleh karena itu kita dapat mengatasi dan memperbaiki ram android yang sudah penuh dengan membersihkan data yang tidak digunakan lagi , apa pun cara berurusan dengan ram penuh seperti ini:

1. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD


Hal yang perlu Anda perhatikan adalah memindahkan aplikasi yang ada pada ponsel cerdas Anda ke microsd, secara default aplikasi yang diinstal akan memasukkan memori internal. Sekarang jika memori internal terlalu penuh atau alias penuh, itu akan menyebabkan lambat pada ponsel Anda, jika tidak maka akan memiliki dampak negatif yang berkelanjutan.

Akibat dari memori internal penuh maka aplikasi akan tiba-tiba menutup sendiri atau bisa juga sering mengalami lagg atau crash saat memainkan dan menjalankan aplikasi tertentu. Adapun cara menambah ruang ram android dengan memindahkan file dan aplikasi ke memori eksternal (microSD) sebagai berikut:

  • Pertama-tama, silakan masukkan pengaturan -> SD Card & Phone Strorage
  • Kemudian pindahkan aplikasi yang memiliki kapasitas berat seperti Facebook, Instagram, dan game berat ke microSD.

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Android Froyo, Gingerbread, KitKat dan Lollipop 5.0, dapat dipindahkan secara langsung tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti cara memindahkan aplikasi atau game dengan mudah seperti ini:

  • Pertama-tama, silakan masuk ke menu pengaturan.
  • Setelah itu, klik aplikasi.
  • Kemudian Anda tinggal pilih mengelola aplikasi.
  • Jika demikian, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke SDcard atau MicroSD.
  • Kemudian klik saja pindah ke kartu SD sehingga aplikasi atau file bergerak dari memori internal ke memori eksternal.

2. Membersihkan Cache dari RAM


Selain menggunakan metode di atas, saya juga bisa melakukan pembersihan cache dengan membersihkan cache di smartphone Android Anda. Tahukah Anda bahwa cache adalah tempat penyimpanan untuk setiap aktivitas yang telah Anda lakukan pada smartphone android. Tujuan cache adalah untuk dapat melakukan kegiatan sebelumnya, misalnya ketika Anda tidak perlu memasukkan kata sandi lagi ke akun Facebook Anda dan ini berkat cache dengan sendirinya mengirimkan data login Anda sehingga Anda tidak perlu masuk lagi.

Selain itu cache juga memiliki dampak buruk, jika dibiarkan dan akan mempengaruhi kecepatan smartphone, jika cache terlalu penuh maka smartphone Anda akan lambat. Kemudian cache juga dapat menyebabkan ram berjalan sangat cepat di android, untuk mengatasinya dapat melihat penjelasan berikut:

  • Langkah utama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke menu pengaturan
  • Kemudian Anda memilih penyimpanan data
  • Untuk menghapus cache, maka Anda cukup tekan hapus cache data
  • Selesai, cache yang ada telah dihapus dan Anda akan lebih nyaman.

Jika Anda sudah melakukan cara mengatasi ram android lengkap, maka sobat tidak perlu khawatir lagi dengan masalah yang sama, jika Anda mengalaminya lagi maka cukup lakukan metode di atas secara teratur.

Keuntungan membersihkan ram adalah Anda dapat memiliki ruang ram yang cukup besar, sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi dengan lebih nyaman dan lancar.

3. Menggunakan Aplikasi Pembersih


Maka cara ketiga yang bisa Anda gunakan, adalah menggunakan aplikasi pembersih yang bisa Anda instal di Playstore. Aplikasi ini tentunya sangat berguna, beberapa fitur yang bisa digunakan yaitu. Hapus cache, hapus cookie, hapus file sampah, hapus file besar yang tidak digunakan atau dapat membuat ram tidak penuh.

Beberapa aplikasi berikut yang dapat Anda gunakan, nama-nama aplikasi berikut:
  • Clean Master
  • Super Cleaner
  • Virus Cleaner
  • Ram Booster

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan


Untuk dapat membuat RAM sementara atau bantuan memori, Anda harus menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Aplikasi atau game yang tidak digunakan, sehingga memberi lebih banyak ruang dan membuat program lain digunakan dengan lancar, tanpa mengalami masalah lagging atau tiba-tiba berhenti.

Yah mungkin itu cukup untuk penjelasan saya kali ini tentang bagaimana menangani ram penuh sehingga tidak lambat, jika ada pertanyaan tentang penjelasan ini maka Anda bisa bertanya kepada saya melalui kolom komentar yang telah disediakan, sekali lagi tetap mengikuti perkembangan informasi di blog ini dan terima kasih telah mengunjungi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar