--> Skip to main content

Jenis Harddisk Terbaik 2019 Laptop Dan PC


Jenis Harddisk  Terbaik 2019 Laptop Dan PC

Hardisk adalah media penyimpanan pada perangkat komputer, perangkat yang memainkan peran penting dalam menyimpan data baik aplikasi, program, maupun data. Dari tahun ke tahun hard drive memiliki banyak perkembangan, sehingga kapasitas hard drive saat ini memiliki ukuran yang sangat besar sehingga dapat menyimpan data yang sangat banyak.

Jenis Harddisk  Terbaik 2019 Laptop Dan PC, yaitu:

1. IDE hard drive (Perangkat Elektronik Terpadu)

IDE atau Integrated Device Electronics adalah hard drive yang memiliki konektor data 40 pin dan daya 4 pin. Hard drive ini sering disebut dengan hard drive ATA (Advanced Technology Attachment), selain itu hard drive ini juga dilengkapi dengan jumper yang dapat berfungsi untuk mengubah pengaturan koneksi ke motherboard. Hard drive ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada hard drive lainnya. Ukuran kapasitas hard drive ini adalah 10GB, 20GB, 40GB, 80GB, 120GB, 160GB, 250GB, dan 320GB.

2. Serial Advanced Technology Attachment

Hard drive SATA atau attachment teknologi canggih seri adalah hard drive komputer yang memiliki 4 pin untuk data dan 7 pin untuk daya. Pada hard drive jenis ini tidak ada jumper seperti hard drive ATA karena hard drive jenis ini tidak memerlukan pengaturan koneksi ke motherboard. Hard drive SATA memiliki kemampuan yang lebih baik daripada hard drive IDE karena kecepatan akses lebih tinggi daripada hard drive IDE. Hard drive jenis SATA memiliki kapasitas 80 GB, 120 GB, 160 GB, 250 GB, 320 GB, 500 GB, 1 TB, dan 2 TB.

3. SCSI HDD (Antarmuka Sistem Komputer Kecil)

Hard drive SCSI atau Small Computer System Interface adalah hard drive komputer yang memiliki kecepatan akses lebih tinggi daripada hard drive IDE dan SATA. Tipe hard drive ini juga memiliki konektor yang berbeda dari tipe SCSI tipe 50-68 pin lainnya. Jenis hard drive ini biasanya digunakan untuk komputer server karena komputer server memerlukan akses data yang lebih cepat dibandingkan dengan komputer biasa. Jenis kapasitas hard drive ini berkisar dari 160 GB, 250 GB, 320 GB, 500 GB, 1 TB, 2 Tb, bahkan 5 TB.

Nah itulah beberapa harddisk terbaik untuk laptop dan pc pada tahun 2019 ini untuk pakaikan dan beli di laptop atau pc anda semua, semoga dengan artikel yang saya buat bermanfaat bagi anda semua .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar